Perubahan Orientasi Pasar Jadi Tantangan Industri Asuransi

By Mbah Roso 15 Nov 2015, 10:17:28 WIBAsuransi

Perubahan Orientasi Pasar Jadi Tantangan Industri Asuransi

Prospek bisnis asuransi di Indonesia dinilai masih sangat menjanjikan sampai beberapa tahun ke depan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penduduk yang sangat besar mencapai sekitar 250 juta jiwa. Sementara itu di sisi lain angka penetrasi industri asuransi di Indonesia masih minim. Padahal, industri asuransi nasional harus juga bersiap menghadapi sejumlah tantangan termasuk perubahan orientasi pasar.

Hal ini disampaikan Anggota Pengawas Dewan Asuransi Indonesia Harry H. Diah, di Jakarta, Selasa (20/10/2015), terkait dengan peringatan Hari Asuransi Nasional (Insurance Day) yang jatuh tiap tanggal 18 Oktober. Pendiri Avrist Insurance ini mengingatkan bahwa dalam beberapa tahun ini ada perubahan di pasar. Saat ini terjadi perubahan pasar yakni dari generasi yang dilahirkan sebelum tahun 1970-an menjadi generasi yang kini berusia 30-35 tahun, masih singleatau keluarga kecil dan muda.

Jadi prospek bagi industri nasional adalah mereka yang lebih terpelajar, memiliki cukup uang, dapat menerima dan tertarik dengan asuransi serta memiliki kepedulian dengan asuransi.

Tetapi mereka ini yang kebanyakan berasal dari kelompok kelas menengah dan bawah, memiliki kecenderungan untuk membeli yang mudah, dengan cara yang cepat, premi yang murah. Masyarakat golongan ini ingin tahu perhitungannya, keuntungan yang akan didapatkan, dan sedikit menekankan hubungan personal atau lebih akrab.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook